TRIP BALI-LOMBOK...
Akhirnya setelah mendapatkan tiket promo Garuda Indonesia
saya dan dua teman saya yang lain berangkat Trip Bali-Lombok, dari tanggal 21
September-29 September 2012. Untungnya setelah sampai di Bali kami dikasih tau
salah seorang teman kalau Bali lagi Low Season. Low Season di Bali kira-kira
dari bulan September sampai November, keuntungan berangkat pas low season ga cuma
biar agak sepi tapi juga penginapan-penginapan ga terlalu penuh (penginapan yg
murah maksudnya :p).
Menginjakan kaki di Bali hari pertama waktu bali menunjukan
pukul 12, kami dijemput ke bandara oleh salah seorang teman yang kebetulan
emang asli bali dan berhubung lagi weekend jadi dia bisa diculik dari kantor,
beruntungnyaaa…
Karena sudah jadwal makan siang maka tujuan pertama kami
adalah Nasi Ayam Ibu Oki, ini salah satu tempat makan khas Bali. Harga nya juga
murah, berempat makan plus es teh Cuma kena 76ribu hihii…
Dari bandara ada taxi ngurah rai atau taxi bali, atau kalau
berencana bakal sewa motor di Bali, ada yang bisa langsung ditelpon alias Bali rental
motor jemput antar, motor nya diantar ke bandara ntar kalau udah kelar ditelpon
trus motornya dijemput lagi. Salah satu nya ini: 0361-2786524, sms 081933010670
Kenyang makan siang kami melanjutkan perjalanan ke tempat
pertama Nusa Dua Bali, beuuhh lautnyaaaa ajiiiiibbb… Masih dikawasan Nusa Dua ada Ombak Pecah atau Water Blow, kalau ombak lagi besar biasanya ombak akan menghantam dinding karang yang tinggi di bibir pantai sehingga jadi kliatan kayak air mancur,kereen pokoknya. tapi kebetulan pas kesana ombak lagi ga besar :p
Capek muter2 dan poto sana sini mobil banting stir menuju
uluwatu,masuk uluwatu bayar kontribusi 15ribu untuk domestic. uluwatu ternyata
salah satu pura alias tempat sembahyangnya hindu yang letaknya di atas tebing
yang dibawahnya hamparan laut yang airnya kayak air surga (agak lebay,tapi suer
ini beneran) buih lautnya kayak kapas (serius!). Disini juga banyak monkey2
yang agak jahil, disarankan untuk ga pake kacamata, udeng(topi bali), karena
suka diambilin sama monkey nya, sebenarnya bisa aja minta tolong pawangnya buat
ngambilin lagi tapi kayaknya bayar soalnya monkey nya mesti dirayu2 dulu sama
pisang,hahaaa…
Dari uluwatu kita lanjut ke GWK (Garuda Wisnu Kencana). Dari
cerita temen disini ternyata bakal dibangun patung garuda dan wisnu setinggi
liberty, potongan2 patungnya sudah mulai dikerjakan dan sementara sitaruh di
dalam kawasan GWK, kami kebetulan Cuma sempat melihat kepala sampai badan
wisnu, kepala garuda sama tangan wisnu. Sore hari disini juga diselenggarakan
pertunjukan Tari Kecak dan Tari Barong, ada jadwal2nya dan gratis. Setelah nonton
Tari Kecak dan foto2 dengan penarinya hari sudah malam, lanjut makan malam lalu
dimulailah perjuangan nyari penginapan.
dari awal kami sudah merencanakan untuk menginap di sekitar
jalan poppies lane II, karena hasil browsing penginapan sekitar sini banyak
yang murah. Setelah muter2 akhirnya ketemu penginapan yang masih ada kamar
kosong dengan harga 100rb per malam. Ini bisa dikatakan salah satu penginapan
murah di Bali, namanya Bali Manik, di jalan poppies lane II, deket pintu
belakang Beach Walk Kuta, pas di belakang Billabong Store, ya sekitar 100m lah
kedalam. Berakhirlah hari pertama di Bali. Tepaaar.. (dibawah picture hotelnya,kayak kosan pas kuoliah dl,lumayan bersih dan ada kamar mandi didalam, dapat breakfast lg)
HARI KEDUA ini mungking yang paling te o pe begete. Kasihan partner
jalan saya nyampe penginapan langusng tepar besoknya ga bisa bangun karena
capek,hihii.. map :p
Hari ini kami rental motor yang kebetulan langsung ada di
tempat kami menginap. Rute hari ini
adalah Pantai Kuta – Pasar Sukowati – Goa Gajah – Tampak Siring – Kintamani –
Tanah Lot. Semua rute ini satu arah dari pengiapan ke utara kecuali Tanah Lot,
rute nya beda sendiri yaitu ke barat, dan sebenarnya perjuangannya terletak
disini, obsesi ngejar sunset ke Tanah Lot untuk mengakhiri hari inilah yang
dinamakan perjuangan, karena secara lancar perjalanan dari Kintamani ke tanah
Lot itu butuh 2,5jam. Tapi buat saya ini worthed begete. :D
Dalam perjalanan ke kintamani kami sempat singgah untuk mengisi perut di The Bridge Restaurant,beuuh ayam betutu nya lezat sodara2.
Puas cuci mata dengan pemandangan dahsyat di Kintamani, yaitu view Gunung dan Danau kami turun menuju tanah lot, disepanjang perjalanan turun kami melihat banyak rumah2 argowisata, penasaran kami pun memasuki salah satu rumah argowisata skalian ngopi. ternyata ga cuma nyediain kopi, juga terdapat budidaya hewan dan tanaman, kami juga diajak melihat langsung proses pembuatan kopi luwak,dari ketemu hewannya, hasil kopi yang dipanggang, dihaluskan sampai ditumpuk hingga dihidangkan. waah pengalaman berharga banget :D
Ngos-ngosan sampai di Tanah Lot akhirnya dapat sunset yg kereeeen.. :D
Puas cuci mata dengan pemandangan dahsyat di Kintamani, yaitu view Gunung dan Danau kami turun menuju tanah lot, disepanjang perjalanan turun kami melihat banyak rumah2 argowisata, penasaran kami pun memasuki salah satu rumah argowisata skalian ngopi. ternyata ga cuma nyediain kopi, juga terdapat budidaya hewan dan tanaman, kami juga diajak melihat langsung proses pembuatan kopi luwak,dari ketemu hewannya, hasil kopi yang dipanggang, dihaluskan sampai ditumpuk hingga dihidangkan. waah pengalaman berharga banget :D
Ngos-ngosan sampai di Tanah Lot akhirnya dapat sunset yg kereeeen.. :D
Hari ketiga ini mungkin bisa dibilang finishing, tempat2
must visit udah kita kunjungi, ya setidaknya must visit yang kita tau :p (ngeles).
Masih dengan motor rentalan abis sarapan saya menuju dream land, katanya ini
tempat bule2 surfing karena ombaknya ajib banget. Setelah melewati jalan
panjang melewati Universitas Udayana, dreamland ternyata terletak didalam
Marina Resort, lokasinya tepat seratus meter ke kanan seberangnya GWK, dari
pintu masuk resort sampai ke pantainya mungkin sekitar 10menit, jauh juga
ternyata. Tapi bener deh banyak bule dan local yang surfing disini, jago2
banget,sekalian cuci mata :D
Abis dari dreamland saya menuju kota denpasar, soalnya dari
kemarin kami Cuma muter2 kuta. Tujuan saya cuma ke museum Bali sih :D
Tiket masuk museum cuma 5rb, didalam museum ada pura2,
sejarah2 bali, tempat mandi dan tempat tinggal raja2 bali, juga topeng2 dan
boneka boneka yang biasa digunakan untuk pertunjukan dan tari-tari adat Bali. Persis
di depan museum Bali ada alun-alun kota Bali tempat santai warga lokal. Agak terbiasa
manggil warga lokal disini saking banyak nya bule yang kami temui. Lebih sering merasa jadi turis di negeri
sendiri, ketimbang mereka. Fiiuuh.. kembali dari denpasar menuju Kuta alias
pengipan sambil mepet ke Pantai Kuta sebentar buat mantengin sunset. Tuh kan
saya bilang apa, bule semuaaaaaa…
Hari ini hari terakhir kami di Bali, besok pagi kami menuju
Pelabuhan Padang Bai naik kapal menuju Lombok. Huwaaaaaa…. (cont…)